Selasa, 29 Mei 2012

cara mengisi berita di blogspot

Jika kita sudah memiliki situs yang diarahkan ke blogspot ataupun memang membuat account blog di blogspot, maka langkah berikutnya adalah bagaimana cara mengisi berita-berita yang akan disampaikan. Berita bisa berupa pendapat, ulasan, ataupun perkembangan keadaan yang ingin disampaikan lewat media ini. Untuk itu, di bahasan ini kita akan membahas langkah-langkah pengisian berita tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk mengisi / menambah berita di situs kita yang menggunakan engine blogspot ini:
  1. Bukalah situs anda dengan mengunjungi alamat http://www.blogger.com/  dengan menggunakan browser yang anda gunakan. Pengaksesan situs ini akan menghasilkan halaman seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:







    Gb. 1. Tampilan Awal Blogger


    Seperti yang terlihat pada gambar di atas, isikan Username(email) dan password account anda pada kotak yang telah disediakan, dan tekanlah tombol SIGN IN untuk melanjutkan. Jika anda ingin mengubah bahasa yang digunakan pilihlah bahasa yang anda inginkan di pilihan Language yang terlihat pada gambar diatas.


  2. Penekanan tombol SIGN IN pada langkah pertama, akan dilanjutkan dengan pengecekan username dan password yang anda gunakan. Jika semua cocok, maka anda akan mendapatkan tampilan halaman muka /Dashboard dari media anda ini. Tampilannya halamannya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :







    Gb. 2. Halaman Muka Media

    Pada gambar di atas, ada dua bagian yang perlu kita cermati. Bagian pertama adalah informasi tentang pemilik dari situs. Di bagian ini kita bisa memodifikasi keterangan dan juga bisa menambahkan foto kita jika diinginkan.


    Bagian kedua adalah daftar blogs / situs yang kita miliki atau yang kita memiliki hak untuk melakukan pengaturan didalamnya.


    Untuk saat sekarang, sesuai dengan judul dari bab ini, yaitu mengisi berita, maka tombol yang perlu kita pilih adalah tombol NEW POST. Ini adalah tombol untuk mengantarkan kita ke editor penulisan naskah/ berita yang akan kita masukkan. Tekanlah tombol NEW POST Untuk melanjutkan.




  3. Penekanan tombol NEW POST akan mengantarkan kita pada editor penulisan naskah/berita seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :






    Gb. 3. Halaman Pengisian Berita

  4. Isikanlan judul berita/naskah pada kotak Title, Untuk pemilihan judul ini gunakanlah judul yang sesuai dengan berita yang akan anda sampaikan. 
  5. Tuliskanlah isi berita anda di editor di bawah yang tersedia. anda bisa menuliskan berita, menambah gambar, dan memformat tulisan sesuai dengan tombol-tombol yang disediakan oleh editor tersebut. Diantara tombol format adalah format rata dokumen, apakah rata kiri, tengah, rata kanan, atau rata kanan-kiri. 
  6. Isikanlah Label untuk menandai berita ini. Penanda ini salah satu fungsinya adalah mengelompokkan berita-berita dalam kelompok yang sama.
  7. Langkah terakhir, jika anda sudah cek dan sudah sesuai dengan yang anda inginkan, tekanlah tombol PUBLISH POST. Hasil dari pengisian berita ini bisa anda lihat dengan mengunjungi alamat situs/blog anda.

0 komentar:

Posting Komentar